haloha.. kali ini gue selaku pemilik blog ini, mau tulis posting tentang sepakbola .

karena gue seorang Mancunian (sebutan untuk fans United), jadi gue mau bahas tentang Manchester United yang dalam beberapa jam lagi akan menghadapi Schalke 04 di semifinal leg pertama Liga Champions di kandang Schalke 04 (Veltins Arena). gue akan terus update posting gue ini sampai United melaju ke final dan juara, atau (amit-amit) sampai United gagal ke final.

kemenangan sama-sama diincar oleh kedua kubu, United harus memenangkan leg pertama ini biar bisa jadi modal yang bagus pas pertandingan leg kedua di Old Trafford.

Schalke juga begitu, mengincar kemenangan di kandang sendiri, biar pas tandang tidak ada beban.
United sendiri punya catatan buruk saat melawan tim-tim dari Jerman,yang pertama United kalah lawan Borussia Dortmund di semifinal musim 1996/1997..
biar kata United kalahin Bayern Munich di final Champions tahun 1999, tapi setelah itu United kalah dari Munich pas perempatfinal Liga Champions musim 200/2001,pas musim berikutnya lagi-lagi United kalah oleh tim Jerman (Bayern Leverkusen) di semifinal.. 

Schalke sendiri tim kuda hitam di Liga Champions musim ini, dimana dia mengejutkan semua orang ketika menang lawan juara bertahan, Inter Milan dengan agregat telak 7-3 , memang luar biasa!! hahaha 
Schalke sendiri mewaspadai pemain United yakni Wayne Rooney karena kemampuannya yang mampu menciptakan peluang bagi dirinya dan rekan setimnya.

di sisi lain, tampaknya United lebih mewaspadai Raul dan Metzelder..
dimana Raul yang terbuang dari Madrid, bermain fantastis bersama Schalke.. dan Metzelder adalah bek tangguh milik Schalke..
Sir Alex Ferguson sendiri bilang kalau United itu butuh seorang Park Ji-sung buat semifinal ntar..
dia bilang kalau Park Ji-sung itu adalah pemain yang disiplin dan cerdas, disiplin masih menurut Fergie, sangat dibutuhkan untuk memperoleh kemenangan nanti di Veltins Arena..
emang bener sih kata Fergie, pas United kalah dari Munich di Champions musim lalu, salah satu yang menjadi faktor kekalahan ketika Rafael da Silva dikartu merah sama wasit..
emang bukan faktor utama, tapi cukup “membunuh” asa United… 

nah gue ada 10 fakta menarik seputar Unted-Schalke dalam ajang Liga Champions.. check this out..
1. Schalke selalu menang di semua laga kandangnya di Liga Champions musim ini.

2. Striker Schalke, Raul Gonzalez udah memenangin Liga Champions tiga kali bersama Real Madrid. sama dengan raihan total trofi juara MU di Liga Champoins.

3. pertandingan nanti adalah pertandingan perdana Schalke di semifinal Liga Champions sekaligus pertemuan pertama dengan Manchester United.

4. Schalke kini berada di posisi 10 klasemen Liga Jerman (Bundesliga), tertinggal 29 poin di belakang pimpinan klasemen sementara Borussia Dortmund.

5. Tim asuhan Ralf Rangnick ini menjalani pemanasan jelang semifinal dengan kekalahan 0-1 di kandang dari Kaiserslautern di Bundesliga.

6. Manchester United tak pernah kebobolan dalam laga tandangnya di Liga Champions musim ini. MU menang empat kali dan seri sekali dalam lima
laga tandang.

7. Ryan Giggs menjadi pemain tersisa Manchester United yang menjadi juara Liga Champions 1999 dengan menaklukkan wakil Jerman, Bayern Munich 2-1 lewat gol di injury time Ole Gunnar Solskjaer dan Teddy Sheringham. Selain Giggs sebenarnya masih ada Paul Scholes, tapi ia absen di final di Camp Nou itu.

8. Setan Merah belum pernah menang agregat dua leg melawan wakil Jerman. MU kalah empat kali, terakhir melawan Bayern Munich di perempat
final musim lalu.

9. Michael Owen mencetak hattrick dalam penampilan terakhir di tanah Jerman. Owen memborong semua gol kemenangan MU saat menaklukkan
Wolfsburg 3-1 di fase grup musim lalu.

10. Sir Alex Ferguson telah memimpin MU dalam enam semifinal Liga Champions. Rekornya, menang tiga kali dan kalah tiga kali.

nah adapun pemain-pemain yang dibawa United ke Jerman adalah:
* Striker : Michael Owen, Wayne Rooney, Javier Hernandez. (Berbatov cedera)
* Mid : Anderson, Giggs, Ji-sung Park, Carrick, Nani, Paul Scholes, Antonio Valencia, Gabriel Obertan, Darron Gibson. (Fletcher & Hargo cedera)
* GK & Def : VDS, Kuszczak; Evra, Wes Brown, Smalling, Rio, O’Shea, Evans, Vidic, Fabio, Rafael.

prediksi starting line-up Schalke 04 dan Manchester United:
Schalke 04 (4-4-2):  Neuer; Uchida, Metzelder, Howedes, Sarpei; Baumjohann, Matip, Papadopoulos, Jurado; Edu, Raul.

Manchester United (4-4-2): Van der Sar; Rafael, Ferdinand, Vidic, Evra; Nani, Carrick, Giggs, Park; Rooney, Hernandez

berapapun skornya nanti, pokoknya United harus menang!!

Glory Glory Manchester United..

—————————————————————————————————————-
update 27 april 2011 [Review]
seperti prediksi gue, United menang dengan skor 2-0!!
gol United dicetak oleh Giggs menit 67 dan Rooney dua menit kemudian.
United memang terlihat kesulitan pas babak pertama karena gemilangnya penampilan Neuer, tapi dibabak kedua United malah lebih mendominasi.
gue aja kaget haha.. bahkan seorang Rio Ferdinand, tidak menyangka kalau United bakal mendominasi pertandingan ketimbang Schalke.

kemenangan ini sendiri sangat penting dan menjadi modal yang meyakinkan bagi United untuk menjamu Schalke 04 di Old Trafford. namun meskipun begitu, salah satu punggawa United yakni Rooney tidak akan menganggap remeh Schalke ketika bertemu di leg kedua nanti.

nah sekarang gue akan beri detail jalannya pertandingan tadi malam yang gue kutip dari http://www.vivanews.com .. check this out..

Di 45 menit pertama MU mempunyai peluang apik pada menit ke-22 lewat Rooney. Umpan silang yang diberikan oleh Hernandez di dalam kotak penalti nyaris mengancam gawang tuan rumah. Namun, dengan sigap umpan itu langsung dipotong oleh pemain Schalke.

Tiga menit kemudian, lagi-lagi Hernandez menjadi momok lini belakang Schalke. Sayang, tendangannya dari sudut kanan gawang hanya melebar.

Pada menit ke-28, giliran Ryan Giggs yang mempunyai peluang lewat tandukan kepalanya setelah mendapatkan umpan silang dari Vidic. Namun, tandukan pemain veteran itu mampu ditepis oleh Neuer.

Sepuluh menit sebelum turun minum, MU kembali mendapatkan peluang di area kotak penalti saat terjadi kemelut di depan gawang. Dua tendangan pemain MU; Hernandez, Park masih belum mampu merobek gawang tuan rumah. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, MU tidak mengendorkan serangan. The Red Devils tetap tampil agresif saat paruh kedua dimulai. Pada menit ke-46 MU kembali mempunyai peluang lewat Patrice Evra dengan tandukan kepalanya setelah menyambut umpan dari tendangan bebas Giggs. Lagi-lagi, peluang MU gagal setelah tandukannya masih bisa ditepis oleh Neuer.

Satu menit kemudian, giliran Giggs mempunyai peluang di dalam kotak penalti. Tapi, Tendangan kaki kanannya masih melebar.

Pada menit ke-50 MU nyaris unggul setelah Hernandez mampu mencetak gol pada menit ke-50. Sayang golnya dianulir oleh wasit setelah posisi Hernandez dalam keadaan off side.

Memasuki menit ke-67 para pemain MU baru bisa tersenyum setelah Giggs merobek gawang Neuer. Dengan memanfaatkan umpan terobosan Rooney dari tengah lapangan, Giggs yang lepas dari pengawalan pemain belakang Schalke dengan mudah memperdayai kiper Neuer.

Dua menit kemudian, MU berhasil menggandakan keungulan menjadi 2-0 setelah Rooney mencetak gol pada menit ke-69. Gol Rooney berkat umpan matang dari Hernandez. Dengan tenang, Rooney melesakkan tendangan datarnya yang tidak mampu dijangkau oleh Neuer.

Unggul dua gol tuam rumah mencoba untuk bangkit. Tapi, hingga laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan MU tidak berubah.Susunan pemain

Susunan pemain:
Schalke 04: Neuer, Uchida, Matip, Metzelder, Sarpei (Sergio 73′), Farfan, Papadopoulos, Jurado (Julian Draxler 83′), Baumjohann (Peer Kluge 53′), Raul, Edu.

Manchester United: Van der Sar, Fabio Da Silva, Ferdinand, Vidic, Evra, Valencia, Carrick, Giggs, Park (Paul Scholes 73′), Rooney (Nani 83′), Hernandez (Anderson 73′).

dan ini dia photo Giggs dan Rooney melakukan selebrasi waktu mencetak gol..
Giggs ’67 :

dan Rooney ’69:

statistik pertandingan FC Schalke 04 Vs Manchester United :

dan inilah rating pemain pemain United dalam laga tadi malam:

ada yang menarik setelah pertandingan Schalke Vs United tadi malam. Raul yang sebelumnya mengutarakan keinginannya untuk bertukar jersey dengan pemain yang dia kagumi yakni Giggs, akhirnya dapat melakukannya.
Raul terlihat bertukar jersey dengan Giggs usai pertandingan tadi malam..
dan momen itu tertangkap kamera, lihatlah photo ini

selain itu , Fergie juga terlihat menghampiri Neuer dan berkata “well done!”..
entah ada maksud atau tidak ketika Fergie menghampiri Neuer, tapi yang pasti Neuer bilang bahwa dia tidak ada hubungannya dengan United dan hanya ingin berkonsentrasi dengan timnya saat ini.
berikut penampakannya pas Fergie menghampiri Neuer

dan bagi anda yang mau lihat cuplikan pertandingan tadi malam dan gol yang dicetak oleh Giggs dan Rooney, lihat di video ini saja..

oke guys, sekian dulu updatenya.. update selanjutnya akan saya tulis menjelang pertandingan leg kedua yang akan digelar di Old Trafford, kandang United.
sampai jumpa di posting berikutnya … 

——————————————————————————————————————————–
update: 04 mei 2011 [PREVIEW]

taadaaa… saya kembali lagi hehehe..
beberapa jam lagi,semifinal leg 2 antara Manchester United Vs Schalke 04 akan dimulai. kali ini yang giliran United yang akan menjamu Schalke di Old Trafford..

memang United di favoritkan banyak orang bakal melaju ke final dengan mudah (karena sudah unggul agregat 2-0) dan bertemu Barcelona yang sudah melaju ke final dengan mengkandaskan Real Madrid (agregat 3-1)..
tapi Fergie tetap tidak menganggap remeh Schalke, karena tim itulah yang mengalahkan juara bertahan (Inter Milan) di Liga Champions musim ini (perempat final).
begitu pun dengan para pemain United seperti Rooney dan Ferdinand, yang meminta rekan-rekannya jangan terlena dulu karena sudah unggul agregat 2-0.

dan sebenarnya Sir Alex Ferguson tuh pusing untuk memilih siapa yang akan bermain nanti , karena habis laga semifinal ini, di akhir pekan United akan menjamu Chelsea di lanjutan Barclays Premier League.

Chelsea sendiri adalah pesaing terdekat dengan United di Liga Inggris, dan laga melawan Chelsea adalah laga yang sangat penting.
jadi , Fergie harus pintar-pintar merotasi pemain-pemain United agar tetap bisa melaju ke final Liga Champions dan tetap segar ketika melawan Chelsea.

musim lalu, United tuh setelah berjuang habis-habisan eh akhirnya kalah dari Bayern Munich di perempat final UCL, terus di akhir pekannya United kalah juga lawan Chelsea. akibatnya, trofi Liga Champions ga dapet (dimenangin Inter) dan trofi BPL jatuh ke tangan Chelsea. tragis~

disaat situasi lagi penting begini,ada kabar tak sedap di kubu United.. Rooney mengalami cedera ringan hamstring, jadi ga bisa diturunkan di partai melawan Schalke nanti. dan juga diragukan bisa bermain ketika United melawan Chelsea (amit-amit dah, jangan sampai).

Giggs yang mencetak satu gol di leg 1, seperitnya akan disimpan Fergie sehingga Fergie sepertinya akan menurunkan Scholes,Berbatov dan Owen. Sementara itu Fletcher bisa tampil dari bench.

nah.. Wasit asal Portugal, Pedro Proenca akan memimpin laga malam nanti. Ia memimpin laga United melawan Valencia di putaran grup, yang berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

dan jika bermain nanti malam,Van der Sar akan memecahkan rekor bermain di semifinal UCL terbanyak yaitu 14 kali. Melewati Makalele (13 kali).

oke segitu dulu preview pertandingan nanti malam.. besok kalau ga ada halangan, gue akan tulis review pertandingannya hehehe..

——————————————————————————————————————————-
Update: 05 mei 2011 [REVIEW]
halo teman-teman Mancunian.. sebelumnya, gue minta maaf ya baru sekarang updatenya.. soalnya hari ini kuliahnya seharian, terus tidur.. jadinya agak tertunda buat update hehehe..

UNITED MENANG 4-1!!
[yang mencetak gol-gol United adalah :Valencia 26′ ; Gibson 31′ ; Anderson 72′ 76′ ]
sungguh skor yang luar biasa bukan? United bermain gemilang pada legkeduaUCL, meski yang turun bermain adalah para pemain lapis kedua.
Sir Alex Ferguson awalnya sempat kebingungan siapa yang akan dimainkan, takut hasilnya jelek walaupun hasil seri saja sudah cukup. namun SAF yakin semua pemain United bisa dia mainkan tanpa khawatir, dan keyakinan SAF terbukti dengan kemenangan sempurna 4-1.

dengan hasil ini pula, United melaju ke final untuk bertemu Barca di Wembley 28 mei nanti seperti yg terjadi dua tahun yang lalu di stadion Olimpico, Roma.
Van Der Sar menyebut kemenangan 4-1 adalah sebuah kemenangan yang mudah. dia juga tak takut United harus melawan Barca di Wembley, dan masih menurut VDS, United harus belajar dari pengalaman ketika dikalahkan oleh Barca di final tahun 2009.

oh ya, dengan hasil agregat akhir 6-1, United telah menciptakan sebuah rekor baru margin gol terbesar di semifinal Liga Champions, sebelumnya margin gol terbesar di dua leg semifinal UCL hanya 4 gol..
salut buat United!

final Liga Champions kali ini adalah final ketiga United di empat musim terakhir loh.. luar biasa..
sedangkan untuk Fergie, ini adalah kali keenamnya dia mengantarkan klub yang ditanganinya melaju ke final kompetisi papan atas Eropa.

kelima final sebelumnya yakni antara lain:
final pertama saat Fergie menukangi Aberdeen, Fergie  mempersembahkan gelar juara Piala Winners (sekarang sudah tak ada lagi) tahun 1982/83.
final keduanya saat mengantar MU menjadi jawara Piala Winners 1990-91.
final ketiga dan keempatFergie di pentas Eropa yakni final Liga Champions musim 1998-99 dan 2007-08, yang kedua-duanya berhasil dimenangkan oleh United.
Setelah itu Fergie kembali mengantar MU ke final Liga Champions 2008-09, tetapi saat itu  kalah dari Barcelona yang juga merupakan  satu-satunya kekalahan Fergie di final.

Fergie kini menjadi pelatih kedua dalam sejarah yang mampu membawa timnya ke lebih dari lima partai final di tiga kompetisi papan atas Eropa.
Ia melewati Miguel Munoz, Ernst Happel, Johan Cruijff, Udo Lattek, Raymond Goethals, Sven-Göran Eriksson dan Marcello Lippi, yang kesemuanya memiliki lima torehan.

Rekor terbanyak sendiri masih dimiliki oleh pelatih asal Italia Giovanni Trapattoni, yang sudah membawa timnya ke tujuh partai final.

di seminfinal tadi pagi (waktu Indonesia), tampak seorang Pep Guardiola di tribun penonton, tampaknya dia ingin mengetahui cara bermain United dan juga mungkin ingin mencari kelemahan United.
Guardiola menyatakan final nanti akan berbeda ketika kedua tim bertemu tahun 2009 lalu, karena skuad yang sudah berbeda di kedua tim.. begitupun dengan Fergie, yang menyatakan United siap tampil berbeda dan dengan skuad kali ini, Fergie yakin United layak menjadi jawara UCL.

berikut susunan pemain United dan Schalke di semifinal leg kedua tadi pagi:
Manchester United
* Edwin Van der Sar
* Jonny Evans
* Chris Smalling
* John O’Shea
* Rafael (Patrice Evra, 60′)
* Anderson
* Paul Scholes (Darren Fletcher, 73′)
* Antonio Valencia
* Nani
* Darron Gibson
* Dimitar Berbatov (Michael Owen, 77′)

Schalke 04
* Manuel Neuer
* Benedikt Höwedes (Klaas-Jan Huntelaar, 70′)
* Christoph Metzelder
* Sergio Escudero
* Kyriakos Papadopoulos
* Atsuto Uchida
* José Jurado
* Julian Draxler
* Alexander Baumjohann (Edu, 45′)
* Raúl
* Jefferson Farfán (Joel Matip, 75′)

Rating Pemain United

Selebrasi Gol Valencia

Selebrasi Gol Gibson bersama O’Shea
(pertandingan semifinal UCL tadi pagi merupakan pertandingan ke 300 O’Shea bersama United dan untuk ke 19 kalinya menyandang ban kapten United)

Ekspresi Fergie ketika pertandingan berakhir

Hilghlight pertandingan:

Para pemain inti yang diistirahatkan, berada di tribun VIP

ekspresi Guardiola yang tertangkap kamera saat menonton pertandingan United Vs Schalke 04

keesokan harinya pada siang hari, Fergie mengajak skuad United makan siang di restoran Italia di Manchester. berikut photo-photonya

oke segitu aja review kali ini, gue akan update preview lagi sehari sebelum final 28 mei nanti.
sampai berjumpa lagi.. hehehe

—————————————————————————————————————————————-

hoila, pertama tama saya ingin mengucapakan maaf yang sebesar-besarnya karena gue ga sempet update nih blog, hal ini disebabkan gue sibuk dan juga internetnya sengaja ga gue isi dulu kemarin-kemarin hehehe

United gagal juara Champions!!
kalah skor 1-3 , satu-satunya gol cuma dari Rooney..
gue rasa para pembaca dah tahu lah ya berita-beritanya, jadi gue ga usah jelasin lagi.. lagipula, sakit hati gue kalau harus ngomongin kekalahan ini…

oh ya, final kemarin itu juga jadi laga terakhir Van Der Sar dan Paul Scholes..

terima kasih untuk jasa-jasa kalian di United selama ini!

 —————————————————————————————————————————————-
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak berupa komen, mengklik tombol like atau share ke twitter/facebook
🙂