Jakarta akan memilih pemimpinnya pada tanggal 11 Juli 2012, hari Rabu.
Udah terdaftar belum? kalau belum, silahkan cek di kelurahan masing-masing atau cek di www.kpujakarta.go.id
Jangan sampai ga terdaftar, karena satu suara tuh penting.
Jangan juga berpikiran “ah bodo amat ga kedaftar, satu suara juga. Lagipula gue males coblos, cape juga kalau harus cek ke keluran”
Iya memang satu suara, tapi kalau ada 100.000 orang yang berpikiran kayak gitu, berarti udah hilang 100.000 suara.
Ini mempengaruhi nasib kota Jakarta loh untuk 5 tahun kedepan, ya 5 tahun. Bukan cuma 1 atau 2 tahun.

Nah lu semua udah tahu belum mau milih siapa? gue yakin pasti rata-rata pada bingung mau pilih siapa, entah itu bingung karena ga kenal atau bingung karena semua calon bagus-bagus atau karena hal-hal lain.
Nah kali ini gue akan sedikit memberi pencerahan kepada lu yang bingung mau pilih siapa, gue ga condong ke satu calon tapi gue akan review kesemua calon yang ada 6 pasang.
Pemilukada kali ini memang diramaikan oleh 6 pasang calon, 4 pasang dari partai sedangkan 2 pasang lainnya melalui jalur independen/perseorangan.

dan para calon gubernur dan wakil gubernur tersebut adalah:
Pasangan nomor urut 1 (Partai): Fauzi Bowo (Incumbent-Gubernur saat ini) – Nachrowi Ramli
Pasangan nomor urut 2 (Independen):  Hendardji Soepandji – Ahmad Riza Patria
Pasangan nomor urut 3 (Partai): Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama
Pasangan nomor urut 4 (Partai): Hidayat – Didik
Pasangan nomor urut 5 (Independen): Faisal Batubara – Biem Benjamin
Pasangan nomor urut 6 (Partai): Alex Noerdin – Nono Sampono

“apaan sih itu Jalur Independen?”
Jalur independen itu artinya mereka berdiri sendiri, tanpa ada sokongan dari partai.
Menurut gue sih bagus kalau dari jalur independen, jadi nanti kalau terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, keputusan-keputusan yang diambil benar-benar murni pemikiran sendiri tanpa dipengaruhi kepentingan-kepentingan partai.
Tapi ini bukan berarti gue bilang kalau calon yang dari partai ga bagus loh, semua tergantung kepada lu semua, mau pilih yang mana.

Beberapa tips dari gue dalam menentukan pilihan:
Kalau kalian memilih lihatlah dari rekam jejak para calon, lihat juga prestasi-prestasinya. Jangan memilih cuma karena omongan doang.
Kalau soal janji mah, semua pasangan udah keluarin semua janji-janji mereka kalau terpilih, coba aja baca beritanya, udah banyaak yang jualan janji-janji.
Janji inilah, itulah, begini-beginilah…
Nah yang jadi masalah, belum tentu juga apa yang mereka janjikan akan terpenuhi kalau udah jadi gubernur dan wakil gubernur.
Kalau cuma lihat dari omongan doang,  Mario Teguh ikutan nyalonin diri aja jadi gubernur, pasti menang 

Selain omongan/janji, selanjutnya..
jangan juga lihat agama/suku para pasangan, itu ga menentukan kinerja mereka. Kan sunggguh menyedihkan kalau ada yang bagus, eh hanya karena faktor SARA, ga jadi dipilih.
Pokoknya cuma orang bodoh yang ga coblos hanya berdasarkan faktor SARA, begitupun sebaliknya.
Oh ya, asal daerah calon gubernur dan wakil gubernur juga ga menentukan kok dia berhasil apa ga, coba aja liat beliau yang udah jadi gubernur.
Asli betawi, tapi apakah sudah memberikan perubahan yang signifikan bagi Jakarta?
Kalau ada yang berasal dari luar Jakarta namun memiliki kapabilitas yang tinggi dan memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, kenapa tidak?

Lalu selanjutnya, pilihlah pasangan yang benar-benar bagus dan sesuai hati nurani, jangan berdasarkan berapa banyak duit/beras/baju yang dikasi
kalau terima duit/beras/baju ya ga apa-apajuga sih, ambil aja. Tapi kan bukan berarti harus pilih pasangan yang kasi duit/beras/baju tersebut, kalau kita coblos pasangan lain, mereka juga ga tau. HAHAHA
Lagipula lumayan juga kan, dapet gratisan
Ingat, suara kita ga bisa dibeli dengan apapun.

Sebenarnya praktek “beli suara” udah banyak berlangsung, contohnya nih di sekitar tempat tinggal gue.
Kemarin ini baru terjadi kebakaran, lalu setelah kebakaran berhasil dipadamkan, keesokan harinya para partai mulai berbondong-bondong bangun tenda, posko darurat gitu.
Buat tolongin para korban kebakaran, bagus sih emang tujuannya, mulia juga.
Tapi ya gitu, pake embel-embel belakangnya. Partai tersebut lalu bagi-bagi pamflet/brosur/semacamnya tentang pasangan yang mereka dukung, tujuannya tak lain tak bukan ya untuk menarik hati warga sekitar buat milih pasangan itu.
Kalau mau nolongin mah yang ikhlas atuh, ga ada “lahan” lain apa?
sampai-sampai peristiwa musibah kebakaran aja dijadiin ajang kampanye juga.
terus nanti kalau udah kepilih, pasti ga akan kayak gitu

Nah gue rasa gue udah cukup cuap cuap nya, berikut adalah visi-misi dan rekam jejak 6 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk periode 2012-2017, untuk profil yang lebih lengkapnya, klik gambar masing-masing pasangan calon ya, disini udah gue ringkas cuma ambil poin-poin pentingnya.
sekali lagi ingat!
Pilihlah secara bijaksana berdasarkan kualitas dan hati nurani teman-teman🙂

Nama Calon Gubernur: FAUZI BOWO
Nama Calon Wakil Gubernur: NACHROWI RAMLI

DUKUNGAN:
GABUNGAN PARTAI POLITIK PENGUSUNG

1. Partai Demokrat
2. Partai Amanat Nasional
3. Partai Hati Nurani Rakyat
4. Partai Kebangkitan Bangsa
5. Partai Bulan Bintang
6. Partai Matahari Bangsa
7. Partai Kebangkitan Nasional Ulama

Visi
“Jakarta yang Lebih Maju, Nyaman dan Sejahtera”

Misi
1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang mudah diakses dan merata;
2. Memperkuat  pemberdayaan masyarakat pada berbagai aspek kehidupan melalui peningkatan kapasitas dan penciptaan ruang untuk prakarsa dan kreativitas menuju masyarakat yang lebih mandiri;
3. Mempercepat pembangunan infrastruktur kota untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
4. Mengelola lingkungan kota yang bersih, sehat, layak huni dan inspiratif menuju kenyaang berkelanjutan.

Profil Kandidat
(Klik untuk lihat dalam ukuran besar)


Nama Calon Gubernur :
MAYJEN (PURN) H. HENDARDJI SOEPANDJI
Nama Calon Wakil Gubernur :
Ir. H. AHMAD RIZA PATRIA, MBA

DUKUNGAN:
PERSEORANGAN
Jumlah Dukungan: 419.416 Jiwa

Visi
“Mewujudkan Jakarta Sebagai Pusat Megapolitan Yang Layak Huni Melalui Peremajaan Kota”

Misi

  • Menata ulang tata kota Jakarta yang berbasis pada peningkatan ruang publik terbuka hijau hingga mencapai 20 % dari lahan Jakarta.
  • Mengatasi banjir
  • Mengatasi macet
  • Mewujudkan good governance dan clean government untuk meningkatkan pelayanan publik yang baik dan berkualitas.
  • Menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat dan menghindari budaya kekerasan.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Profil Kandidat
(Klik untuk lihat dalam ukuran besar)

Nama Calon Gubernur: Ir. H. JOKO WIDODO
Nama Calon Wakil Gubernur: Ir. BASUKI TJAHAJA PURNAMA, MM.

DUKUNGAN:
GABUNGAN PARTAI POLITIK PENGUSUNG
1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
2. Parta Gerakan Indonesia Raya

Visi

“Jakarta Baru, kota modern yang tertata rapi, menjadi tempat hunian yang layak dan manusiawi, memiliki masyarakat yang berkebudayaan, dan dengan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik”

Misi
1. Mewujudkan Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi serta konsisten dengan Rencana Tata Ruang Wilayah.
2. Menjadikan Jakarta sebagai kota yang bebas dari masalah-masalah menahun seperti macet, banjir, pemukiman kumuh, sampah dan lain-lain.
3. Menjamin ketersediaan hunian dan ruang publik yang layak serta terjangkau bagi warga kota.
4. Membangun budaya masyarakat perkotaan yang toleran, tetapi juga sekaligus memiliki kesadaran dalam memelihara kota.
5. Membangun pemerintahan yang bersih dan transparan serta berorientasi pada pelayanan publik.

Profil Kandidat
(Klik untuk lihat dalam ukuran besar)

Nama Calon Gubernur: HIDAYAT
Nama Calon Wakil Gubernur: DIDIK

DUKUNGAN:
PARTAI POLITIK PENGUSUNG
1. PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

Visi
“JAKARTA SEBAGAI IBUKOTA YANG SEJAHTERA, BERKELANJUTAN DAN BERDAYA SAING GLOBAL”

Misi
Menuju Jakarta yang SEJAHTERA

  • Membangun sistem jaminan sosial yang efektif dan efisien.
  • Menciptakan iklim investasi yang kondusif, pemberdayaan ekonomi rakyat dan penciptaan kesempatan kerja yang luas.
  • Membangun industri kreatif dan pariwisata yang ramah dan bermartabat.
  • Mempromosikan dan mengintegrasikan UKM dan sektor informal pada pembangunan dan sektor modern.
  • Menjaga dan memelihara nilai, moral, dan budaya masyarakat Jakarta yang tinggi dan relijius.

Menuju Jakarta yang BERKELANJUTAN

  • Menciptakan keamanan kota dan menjamin kepastian hukum.
  • Aliansi politik dan aliansi regional untuk stabilitas politik dan kerjasama antar wilayah lintas yurisdiksi.
  • Membangun sistem perlindungan lingkungan hidup yang efektif.
  • Membangun sistem tata ruang dan wilayah yang integratif dan partisipatif.

Menuju Jakarta yang BERDAYA SAING GLOBAL

  • Membangun birokrasi yang bersih, amanah dan profesional, serta responsif dan kompetitif.
  • Mendorong pembangunan infrastruktur fisik dan infrastruktur sosial kota yang modern dan handal.
  • Mempromosikan industri jasa keuangan modern, industri teknologi-informasi dan up-gradingteknologi menuju cyber-city.
Profil Kandidat
(Klik untuk lihat dalam ukuran besar)
Nama Calon Gubernur: FAISAL BATUBARA
Nama Calon Wakil Gubernur: BIEM T. BENJAMIN

DUKUNGAN:
DUKUNGAN PERSEORANGAN
Jumlah dukungan: 487.150 Jiwa

Visi
“Jakarta yang berkeadilan dan ramah lingkungan untuk mewujudkan keberdayaan dan kebahagiaan warganya berdasarkan kepada pelayanan dasar yang handal dan pemerintahan yang bersih dan efisien.”

Misi

  • Komitmen reformasi birokrasi menuju efisiensi, kehandalan pelayanan, dan kemampuan fasilitasi partisipasi warga.
  • Penegakkan prinsip-prinsip transparansi dan anti-korupsi dalam pengelolaan anggaran dan aset, perencanaan pembangunan, dan pengadasan barang dan jasa.
  • Komitmen peningkatan keberdayaan warga secara bertahap dalam konsep swakelola warga untuk sebanyak-banyaknya 30% dari APBD, melalui mekanisme prioritisasi dan seleksi yang transparan dan adil.
  • Penataan ulang pelayanan dasar (essential services) dalam bidang transportasi publik, sumber daya air, dan persampahan, di samping penyempurnaan dan perbaikan layanan pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan dan administrasi perijinan usaha dan koordinasi investasi.
  • Penataan ulang tata ruang dan investasi lahan untuk memfasilitasi kehidupan sosial dan budaya warga, melalui terjaminnya ketersediaan Ruang Terbuka Hijau, fasilitas kebudayaan, olahraga, dan kesejahteraan mereka yang difabel.
  • Penataan infrastruktur, kelembagaan serta kapasitas warga dalam mengurangi resiko dan menanggulangi bencana “rutin” seperti kebakaran dan banjir.
  • Pelayanan dasar yang efektif, efisien (pelayanan pendidikan dan kesehatan) dengan tidak menjadikan tambahan beban ekonomi bagi warga.

Profil Kandidat
(Klik untuk lihat dalam ukuran besar)


Nama Calon Gubernur:
H. ALEX NOERDIN
Nama Calon Wakil Gubernur :
Letjen TNI (Marinir) Purn. H. NONO SAMPONO

DUKUNGAN:
GABUNGAN PARTAI POLITIK PENGUSUNG
1. Partai Golongan Karya
2. Partai Persatuan Pembangunan
3. Partai Damai Sejahtera
4. Partai Patriot
5. Partai Karya Peduli Bangsa
6. Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia
7. Partai Republika Nusantara
8. Partai Perjuangan Indonesia Baru
9. Partai Persatuan Daerah
10. Partai Indonesia Sejahtera
11. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia
12. Partai Buruh
13. Partai Pemuda Indonesia
14. Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia
15. Partai Penegak Demokrasi Indonesia
16. Partai Nasional Indonesia Marhaenisme
17. Partai Merdeka
18. Partai Sarekat Indonesia

Visi
“Jakarta Kota Layak Huni dan Berkelanjutan  Menuju Kota Berkelas Dunia”

Misi

  • Menerapkan tata kelola pemerintahan baik berdasarkan kaidah “good governance” yang professional, entrepreneurship, dicipline dan entity (jati diri).
  • Memberdayakan masyarakat dengan tujuan enabling (memampukan), empowering (menguatkan), dan protecting (melindungi).
  • Memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat.
  • Membangun dan meningkatkan kualitas dan kapasitas sarana dan prasarana kota yang manusiawi dan berkelanjutan.
  • Mengembangkan kearifan lokal dalam pembangunan.
  • Meningkatkan jejaring kerjasama (networking) nasional, regional dan internasional
  • Memberikan keamanan bagi seluruh masyarakat.

Profil Kandidat
(Klik untuk lihat dalam ukuran besar)

Jadi siapa pilihan lu? eits, jangan kasi tau. cukup lu yang tau dan cobloslah di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dekat wilayah rumah lu. ingat, hari rabu tanggal 11 Juli 2012. Demi masa depan Jakarta yang lebih baik

nb: cobloslah yang benar agar suara sah dengan cara coblos didalam gambar pasangan calon, jangan diluar gambar.