Sabtu minggu lalu tanggal 22 september 2012 gue dan gerombolan gue nonton SMtown World Tour III Live in Jakarta.


Nonton konser sebesar SMtown rasanya tuh benar-benar luar biasa, ga bisa gue ungkapin dengan kata-kata.
Konser SMtown adalah konser pertama kali yang gue nonton secara live, sebelumnya gue ga pernah nonton konser-konser musik sekalipun gue ngefans sama artisnya, rasanya males aja gitu rame-rame berdesakan demi nonton artis secara live.

Dan kebetulan kemarin ini gue dapat tiket SMtown secara cuma-cuma terus gue juga suka musik korea terutama dari artis SM entertainment kayak Girls’ Generation (SNSD)/Super Junior, jadi emang pas banget.
gue pikir ya ini emang kesempatan gue buat nonton live, mungkin emang takdir dari Tuhan
Apalagi ini pertama kalinya SM entertainment ngadain SMtown World Tour di Jakarta
Jadi ya gue bertekad untuk nonton dan ga ada niatan buat jualin tuh tiket lagi, meskipun harganya boleh dibilang lumayan buat isi kantong seorang mahasiswa 

Jadi kali ini gue mau sedikit mereview tentang konser SMtown Live World Tour III Live in Jakarta

Gue ke GBK (konsernya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno) jam 11.30an, sampai sana antriannya udah kayak antri sembako.
benar-benar panjang, ada sampai 700 meter kira-kira.
Siang bolong pula, matahari lagi panas-panasnya, dan gue segerombolan ga bawa payung (terbukti kulit gue mengalami penurunan warna menjadi sedikit hitam setelah menonton konser ini)

melihat keadaannya seperti itu, maka kami menggunakan strategi antri ganti-gantian.
jadi pas gue dan teman gue antri, yang lain duduk. Begitupun sebaliknya, untungnya pas gue antri, boleh dibilang udah mulai cepat bergeraknya, ga selangkah-selangkah majunya jadi gue ga keburu mati kepanggang.

oh ya gue sempat ambil foto antrian, di foto memang ga kelihatan panjang antriannya, tapi percayalah bahwa kenyataannya tuh antrian emang panjang

Setelah berjuang , akhirnya gue dan gerombolan gue berhasil masuk ke area GBK, belum.. Gue pada belum masuk ke dalam GBKnya, baru di area nya saja.
Gue masih harus antri lagi untuk masuk ke tribune, gue emang dapet tiketnya yang di kategori tribune.
Mulai dari sini, staff nya udah ga bikin barisan lagi, ga terarah seperti pas antri masuk.
Alhasil, antrian jadi kacau balau, semuanya dempet-dempetan kayak lagi naik bus kopaja di jam pulang kerja.
Kalau antrian mulai gerak, langsung semua ga santai, lari-lari kayak ada gempa. Bahkan ada yang payungnya jatuh, kipas, botol minum, tas bahkan sampai ada yang kameranya jatuh gara-gara lari dan didorong-dorong sama orang belakangnya.

seakan-akan pihak panitia/promotor ga mau atur, yang penting tiket terjual, jadinya ya pas hari H nya kurang diperhatikan.
Staffnya aja pas pada antri masuk kategori masing-masing, ga ada yang kerja.
Malah ngobrol, ngerokok, ketawa-ketawa, ga ada upaya buat bikin antrian jadi rapi.
Tapi ya ga semua promotor seperti itu, ada yang udah pro dan emang rapi.
Semoga aja di konser Big Bang,  ga kayak begitu

Gue harus nunggu berdesakan dan panas-panasan kira-kira 3an jam sampai masuk ke tribune, memang sih open gate jam 4 sore, tapi karena tribune ga ada number seat, jadi orang-orang datang sepagi mungkin, biar dapat tempat duduk strategis sehingga antriannya udah panjang meskipun open gate masih lama.

Penderitaan gue benar-benar berakhir pas gue udah berhasil masuk ke tribune, dan dapat tempat duduk.
Muka udah kumel-kumel duluan sebelum konser dimulai.
didalam GBK pun gue masih harus nunggu 2jam-an karena konsernya dimulai jam 18.30

Panggungnya benar-benar luas dan bagus, konon katanya konsep panggungnya sama dengan SMtown di Seoul.

Hari makin gelap,penonton mulai ga sabar, mulai teriak-teriakin idola mereka macam Girls’ Generation (SNSD), SuJu, TVXQ and finally konsernya dimulai!
Konser SMtown ini dibuka oleh penampilan girlband f(x) dengan lagu Hot Summer, seisi GBK pun langsung riuh.
Setelah penampilan f(x), konser dilanjutkan dengan penampilan girlband/boyband SM entertainment yang lain dan juga Kangta dan BoA.
Tapi ada beberapa member girlband/boyband yang tampil solo juga seperti Taeyeon SNSD.
Selain tampil solo, beberapa diantaranya ada yang berkolaborasi.
Kayak kakak-adik Jessica SNSD – Krystal f(x) yang bawain California Girls-nya Katy Perry, Donghae SuJu-EunHyuk SuJu dengan lagu mereka Oppa Oppa, Kris (EXO)-Amber f(x)-Key (SHINee) bawain lagu Far East Movement – Like a G6, duet Changmin TVXQ-Kyuhyun SuJu dengan lagu Bruno Mars “Just the Way You Are”, dan masih banyak lagi.

Ada hal menarik pas Changmin TVXQ dan Kyuhyun Suju nyanyi bareng, mereka nyanyi didepan seorang wanita, Kyuhyun bahkan sampai berlutut didepannya, mukanya di belai, dan puncaknya mereka berdua peluk cewe itu.
Dan si cewe cuma bisa nangis bahagia, mimpi apa coba tuh cewe.
Penonton pun semua berteriak seakan-akan “woi gue juga mau kali digituin!”
termasuk teman gue, dia begitu histeris pas tahu idola dia (Kyuhyun) peluk cewe

Oh ya, semua artis SM entertainment ini ada memperkenalkan diri.
Uniknya, hampir semua memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia, seperti “Selamat malam” ; “Nama saya..” ; “Assalammualaikum” ; “Terima Kasih” ; “Mantap”
Mereka begitu fasih ngucapinnya dan heboh pas ngomong dalam bahasa kita.
Nah disini sayangnya, translatornya agak telat.
Jadi pas diawal ketika ada yang ngenalin diri ataupun ngomong dengan penonton dalam bahasa korea, translatornya belum ada. Jadi ga ada yang terjemahin perkataan si artis, tapi biarpun gitu, tetap aja semua riuh pas si artis selesai ngomong.
Baru pada pertengahan konser, mulai ada translatornya.

Selain masalah translator, sound system nya juga ga begitu bagus.
Kurang menggelegar gitu, ga dahsyat. Padahal kan GBK begitu besar, harusnya sih suaranya bisa lebih mantap.
Tapi biarpun sound systemnya ga begitu bagus, untuk urusan panggung, bolehlah dikasi jempol.
Lightningnya bagus banget, temponya sesuai dengan irama lagunya, pas banget, begitupun dengan efek visualnya.
Oh ya ada kembang api juga di panggungnya, ada air mancur juga.
Dibeberapa lagu, panggungnya terlihat amazing.. seperti “SuJu-Superman”,”TVXQ – Mirotic”,dll

berikut beberapa foto panggung selama konser berlangsung:

selama konser ada juga insiden juga ketika SNSD udah selesai nyanyi, mereka mau turun dan mau ke back stage.
Mereka diangkut dengan mobil golf gitu, tapi apa yang terjadi?
Mobil ga bisa gerak karena udah dikerumuni sama fans-fans yang dari kategori festival, petugas keamanan harus sampai turun tangan agar para fans ini mau kasi jalan mobil, padahal ya seharusnya tempat itu adalah clear area dimana para fans ga bisa masuk.
Fans bisa sampai kesana karena ternyata kategori festival ga ditutup, biasanya kalau diluar negeri, kategori festival itu benar-benar dikelilingi panggung, penonton ada ditengah panggung dan tak bisa kemana mana.
Tapi kemarin ini di kategori festival, itu ga benar-benar ketutup dikelilingi panggung, orang-orang masih bisa keluar dan kemana-mana.
Makanya mereka bisa sampai kerumuni mobil tersebut.

Setelah 4jam konser yang heboh, dengan efek sana-sini, teriakan sana-sini, akhirnya SMtown Live World Tour III Live in Jakarta pun selesai.
Endingnya adalah para artis SM entertainment nyanyi bareng lagu “Hope” dengan suasana santai, lari kesegala sisi, lambai-lambai ke penonton, dan terakhirnya mereka bersamaan membungkukan badan dan mengucapkan terima kasih “Kamsahamnidaaa”

Dengan begitu, selesailah konser SMtown, semua penonton keluar dari stadion.
tapi masih ada hal yang kurang menyenangkan , yaitu sampah.
Ya, sampah berjamuran eh berserakan dimana-mana terutama sampah botol dan kardus.
Emang ga ada satupun tong sampah atau kantong plastik sampah yang gue temuin, makanya ga heran gue kalau sampah berserakan, udah kayak lautan sampah.
Sekali lagi, pihak panitia/promotor ga sampai memperhatikan hal tersebut padahal ya menurut gue itu cukup menganggu.

Tapi terlepas dari masalah antrian, sound system, sampah, dll , konser SMtown ini boleh dibilang sukses.
Oh ya kalau emang teman-teman ngerasa males desak-desakan dan panas-panasan, ya memang lebih baik ga usah nonton live.
Karena kalau ga kuat ya bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pingsan.
Pas gue antri aja ada satu dua orang yang pingsan karena kepanasan dan terlalu pengap udaranya 

Tapi ya keuntungannya nonton live, kita bisa merasakan suasananya, bisa teriak-teriak sesuka hati, bisa nyanyi bareng,bisa lihat langsung idola kita dan yang terpenting adalah kita bisa lambai-lambaian dengan idola kita.
Gue masih ga bisa ngelupain, pas Seohyun SNSD lambai-lambai + senyum kearah gue, rasanya tuh

Bagi kalian yang ga suka musik korea, juga jangan coba-coba juga ikutan nonton, tar kayak teman gue.
Dia ga gitu suka, tapi ikutan nonton, dan hasilnya?
“Duh pala gue pusing, semua pada teriak-teriak”
“ga kuat gue wan”
Teman gue ini udah lemas di pertengahan konser, yang lain begitu semangat dan teriak-teriak, tapi teman gue malah duduk bengong dengan muka ngantuk sambil menatap langit.
Seakan-akan tersiksa sekali.

Oke sampailah di akhir artikel gue kali ini, gue emang ga bisa review satu-satu karena banyak banget artis yang tampil dan lagu yang dibawakan pun bayak.
Tapi semoga dengan artikel gue ini, teman-teman ada gambaran bagaimana suasana konser SMtown.
Semoga tahun depan ada lagi ya SMtown-nya